Tags:

Apa Itu Insulin ?

By Unknown → Wednesday, April 8, 2015
   Insulin adalah sebuah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang memungkinkan tubuh anda untuk menggunakan gula (glukosa) dari hidratarang (karbohidrat) dalam makanan yang anda makan untuk energi atau untuk menyimpan glukosa untuk digunakan untuk penggunaan selanjutnya. Insulin membantu menyeimbangkan gula dalam darah anda supaya tidak terlalu tinggi (hyperglycemia) atau terlalu rendah (hypoglycemia). (Hess-Fischl. 2015. What is insulin?. endocrineweb.com. diakses 7 Mei 2015)

   Sedangkan menurut Wikipedia.com Insulin (berasal dari bahasa latin insula, "pulau", karena diproduksi di Pulau-pulau Langerhans di pankreas) adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat.


Insulin dan Glukagon

   Insulin disekresikan oleh sel β (beta) pulau Langerhans dalam pankreas sebagai respon terhadap kenaikan gula darah, meskipun sebenarnya insulin selalu disekresikan oleh pankreas tapi dalam jumlah yang sedikit. Setelah anda makan, jumlah insulin yang dilepaskan kedalam peredaran darah meningkat seiring dengan kenaikan gula darah.

   Sebagai respon dari insulin, sel-sel (sel otot, sel darah merah, dan sel lemak) mengambil glukosa dari peredaran darah, yang akan mengakibatkan menurunnya kadar gula yang tadinya tinggi menjadi kembali normal.

   Glukosa disekresi oleh sel α (alpha) pulau Langerhans ketika gula dalam darah menurun/sedikit. Glukosa darah (gula darah) menurun saat kita puasa/belum makan dan selama kita beraktivitas/berolahraga. Ketika gula darah tinggi, tidak akan ada glukagon yang disekresikan oleh sel α. Glukagon mempunyai efek yang besar terhadap liver (hati) meskipun glukagon memberikan efek terhadap banyak sel-sel yang berbeda dalam tubuh. Fungsi dari glukagon adalah mempengaruhi hati untuk melepaskan glukosa yang tersimpan dari sel tersebut kedalam peredaran darah.






Cara Kerja Insulin

   Setelah anda makan, sistem pencernaan pada tubuh anda akan memecah makanan anda. Karbohidrat yang terdapat pada makanan akan
dipecah menjadi gula (glukosa). Karbohidrat yang sudah dirubah ke dalam bentuk molekul sederhana akan mudah terserap dan memasuki peredaran darah, saat itulah kadar gula darah dalam tubuh kita meningkat.
Makanan yang sudah dihancurkan oleh lambung akan menuju ke usus, di usus-lah penyerapan makanan ke dalam peredaran darah terjadi.
   Ketika konsentrasi gula darah anda meningkat, pankreas mendeteksi peningkatan tersebut, kemudian menstimulasi untuk melepaskan insulin ke dalam peredaran darah. Setelah insulin berada pada peredaran darah, maka insulin akan bertemu dan berikatan dengan reseptor insulin yang terletak di permukaan sel (membran sel).
   Pengikatan tersebut akan memicu proses autofosforilasi di dalam intra sel. autofosforilasi adalah proses molekul-molekul ATP yang berada di intrasel untuk menempel pada domain tirosin kinase di reseptor. Hal tersebut menyebabkan reseptor menjadi aktif. Kejadian ini akan memulai suatu rangkaian peristiwa yang kompleks. Reseptor yang aktif menyebabkan protein lain menempel pada domain tirosin kinase di reseptor dan memicu fosforilasi protein tersebut. Protein tersebut disebut protein kinase. Protein kinase tersebut akan menempel pada protein yang lain dan memicu terjadinya fosforilasi. 
Fosforilasi tersebut akan memicu pergerakan dari GLUT. GLUT merupakan pintu bagi glukosa untuk bisa masuk kedalam sel. 

GLUT tersebut akan naik dan menempel membran sel dan menjadi jalan bagi glukosa untuk masuk kedalam sel.

   Sekarang glukosa sudah berada didalam sel dan siap untuk dijadikan energi.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

1 comment to ''Apa Itu Insulin ?"

ADD COMMENT
  1. It all is wholly right. All of little components were definitely generated thru countless checklist learning. I enjoy your application tons. Buy Apidra Online

    ReplyDelete

Pages - Menu

Blogger templates